Rahasiakan Pertengkaran Anda dengan Pasangan dari Sahabat

Ketika terjadi sesuatu dalam hubungan, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menceritakannya kepada sahabat. Namun, seharusnya Anda bisa memilih dengan bijaksana, hal apa yang boleh diceritakan dan apa saja yang tidak.

Hindari menceritakan beberapa hal di bawah ini kepada sahabat Anda:

Menceritakan dengan detail pertengkaran Anda dan pasangan

Pertengkaran yang terjadi dalam hubungan bukanlah sesuatu yang bisa dikonsumsi oleh publik. Kalau Anda menceritakan pertengkaran pada sahabat, mereka akan memberikan saran agar berbaikan dengan pasangan. Akan tetapi, Anda dan pasangan menjadi tidak bisa menemukan jawaban sendiri jika ada pertengkaran berikutnya, kata seorang pakar hubungan Gilda Carle, PhD.

Hadiah buruk yang diberikan untuk Anda

Seorang konselor klinis, Kristie Overstreet, menyarankan Anda untuk bersyukur dengan hadiah apapun yang diterima dari pasangan. Sebab, Anda harus menghargai usaha juga waktu yang diluangkannya untuk membelikan Anda hadiah.

Walaupun hasilnya tidak sesuai dengan harapan Anda, jangan memberikan komentar negatif mengenai hadiah tersebut.

Pasangan tidak menyukai salah satu teman Anda

Memang tidak mungkin kalau pasangan menyukai semua teman Anda. Oleh karena itu, Anda hanya perlu mendengarkan tanpa perlu melakukan apapun. Lalu, usahakan untuk tidak membicarakan tentang teman yang tidak disukai itu di depan pasangan.

Hubungan pasangan yang gagal sebelumnya

Jika bukan kisah Anda, maka Anda tidak berhak untuk menceritakannya kepada orang lain. Baik sahabat ataupun keluarga tidak perlu mengtahui cerita masa lalu pasangan, kecuali dia sendiri yang menceritakannya.

Sebaiknya, jadikan masa lalunya sebagai pembelajaran untuk hubungan Anda di masa depan.

Sumber : Kompas Online