Facebook Akuisisi Startup Anti Video ‘Bajakan’

facebook-akuisisi-video-anti-bajakanMeningkatnya peredaran video bajakan di Facebook jadi perhatian layanan media sosial ini. Perusahaan temuan Mark Zuckerberg disebut baru saja melakukan akuisisi terhadap startup anti video bajakan.

Adalah Source3 nama startup yang diakuisisi oleh Facebook. Tujuan akuisisi ini adalah untuk mencegah pengguna mengakui peredaran video yang bukan miliknya. Source3 sendiri disebut memiliki teknologi pelacak alamat IP yang bisa mengetahui peredaran video ‘bajakan’ di Facebook.

Tapi usaha Facebook mencegah peredaran video ‘bajakan’ bukan yang pertama. Seperti dilansir Engadget, Selasa (25/7/2017), di 2015 lalu media sosial ini telah memperkenalkan Right Manager. Tool ini memungkinkan Facebook mengenali pemilik asli video yang beredar di layanannya.

Selain itu Right Manager juga bisa menghapus video yang beredar, bila diminta oleh pemiliknya.

Pada April lalu, Facebook juga telah memperkaya fitur tersebut. Yang memungkinkan pengguna tetap mendapat insentif dari video miliknya, meski diedarkan oleh orang lain yang mengaku-ngaku.

Dengan bergabungnya Source3, Facebook pun berharap bisa makin mempersempit peredaran video ‘bajakan’ di layanannya tersebut. Tak disebutkan berapa nilai akuisisi tersebut.

Sumber : Detik.com