Bowl Food Akan Terus Digemari dan Jadi Tren Makanan Sehat Tahun 2017

veganJelang akhir tahun, prediksi tren makanan 2017 mulai bermunculan. Pengamat menyebut makanan dalam mangkuk akan tetap digemari.

Penggunaan mangkuk dianggap jadi tren makanan tahun depan, lapor AFP (27/11). Menurut konsultan makanan dan restoran, Baum + Whiteman di New York, mangkuk atau bowls akan semakin populer sebagai tempat menyajikan makanan tahun 2017.

Laporan yang berbasis tren tahun lalu, memprediksi popularitas makanan yang disajikan memakai mangkuk (bowl food) kian mainstream tahun depan. Acai, poke, smoothie dan Buddha bowl memang sudah memenuhi blog makanan dan Pinterest tahun ini.

http://keepinitkind.com/wp-content/uploads/2013/08/Taco-Bowl-41.jpg

Konsep bowl food sendiri lebih populer dikalangan pengikut gaya hidup sehat. Buddha bowl, misalnya, terkenal diantara vegan baik di Pinterest maupun YouTube. Sajian ini biasanya berbasis grain seperti quinoa dan sayuran hijau. Kemudian diberi bahan lainnya antara lain irisan alpukat, sayuran panggang seperti ubi atau kembang kol, kacang-kacangan dan biji-bijian.

“Terlebih lagi, jika Anda memegang sebuah mangkuk seperti Buddha saat makan, Anda secara psikologis lebih penuh kehati-hatian terhadap makanan Anda. Anda juga memiliki kesempatan untuk menangkap semua rasa dan tekstur di tiap gigitan. Dan berpikir Anda kenyang lebih cepat, meski Anda menyingkirkan karbohidrat putih, ” tambah laporan itu.

http://www.telegraph.co.uk/content/dam/food-and-drink/2016/01/07/SBMain_3203423b-large_trans++pJliwavx4coWFCaEkEsb3kvxIt-lGGWCWqwLa_RXJU8.jpg

Smoothie bowl juga tampil begitu cantik dalam mangkuk sehingga sangat layak dimasukkan fotonya ke Instagram. Biasanya mangkuk dihiasi deretan buah segar, kacang-kacangan dan biji-bijian. Semua disusun rapi agar terlihat fotogenik.

Tren bowl food ini diakselerasi dengan obsesi berkelanjutan akan ramen dan popularitas mainstream dari bibimbap Korea, yang sering disajikan dalam pot dan bowl batu gaya artisan, sebut pakar di Baum + Whiteman.

Penulis buku masak asal Inggris, Nigella Lawson, ikut melihat kelayakan dari tren ini. Sampai membuat satu bab dalam buku resepnya Simply Nigella mengenai bowl food.

“Bagi saya, ‘bowlfood’ merupakan singkatan untuk makanan yang secara bersamaan menenangkan, menyokong, ringan dan menopang,” tulisnya.

Sumber: Detikdotcom.

Leave a Reply